Klaim Asuransi Jiwa

Zaman sekarang kita dapat menemukan banyak sekali perusahaan asuransi yang berlomba- lomba untuk menjaring nasabah asuransi. Produk yang ditawarkan pun beraneka ragam dan tentunya dengan harga yang kompetitif. Ada kalanya, kita menemukan produk asuransi yang hampir sama lebih dari satu perusahaan asuransi, sehingga menyebabkan kita menjadi bingung untuk menentukan pilihan kita asuransi mana yang harus kita ambil. Salah satu pertimbangan yang mungkin bisa kita jadikan acuan untuk memilih asuransi jiwa terbaik adalah soal klaim asuransi jiwa. Cara ini merupakan salah satu tips yang mudah untuk dapat menentukan pilihan produk asuransi jiwa mana yang akan kita pilih. 

Klaim asuransi memang menjadi salah satu persoalan bagi sebagaian nasabah asuransi. Terkadang mereka mengeluhkan susahnya untuk melakukan klaim dengan berbagai persyaratan yang berbelit-belit. Namun, hal itu tidak akan terjadi manakala Anda sebagai nasabah asuransi jiwa tahu bagaimana proses yang harus dilakukan ketika melakukan klaim asuransi jiwa.

Klaim menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tuntutan pengakuan atas suatu fakta bahwa seseorang berhak (memiliki atau mempunyai) atas sesuatu. Sedangkan arti klaim asuransi sendiri adalah sebuah proses seseorang dalam hal ini pemegang polis untuk mengajukan permintaan resmi kepada perusahaan asuransi, untuk meminta pembayaran manfaat asuransi berdasarkan ketentuan perjanjian yang tertuang dalam polis asuransi yang telah disepakati bersama.

Jika Anda mengajukan diri mengikuti sebuah asuransi jiwa misalnya dan pengajuan Anda disetujui oleh perusahaan asuransi maka itu artinya Anda bisa mendapatkan polis asuransi sesuai dengan kesepakatan bersama. Maka jika di kemudian hari terjadi resiko kerugian pada Anda sebagai pemegang polis asuransi jiwa maka Anda berhak mengajukan klaim penggantian resiko kerugian yang Anda alami kepada perusahaan asuransi dimana Anda ikuti. 

Akan tetapi yang perlu menjadi catatan bahwa perusahaan asuransi akan melihat sejauh mana apakah klaim yang Anda ajukan benar-benar sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati dalam polis atau tidak. Jika klaim yang Anda lakukan sesuai dengan ketentuan polis disertai dengan semua persyaratan yang ada, maka Anda berhak menerima pembayaran klaim yang telah diajukan. Sebaliknya jika klaim Anda tidak sesuai dengan polis maka kemungkinan besar akan ditolak.

Lalu bagaimana caranya melakukan klaim asuransi jiwa. Sebelum melakukan klaim asuransi jiwa pastikan terlebih dahulu dokumen-dokumen yang Anda perlukan diantaranya adalah:

  1. Sertifikat asuransi
  2. Formulir klaim meninggal yang telah diisi dengan benar dan lengkap (asli)
  3. Formulir surat keterangan dokter yang sah dan berwenang tentang sebab-sebab kematian
  4. Surat kuasa asli dari Termaslahat yang bermaterai 
  5. Akte kematian atau surat keterangan meninggal 
  6. Surat keterangan Dokter pemeriksa jenazah Tertanggung pada visum repertum
  7. Surat Keterangan dari KBRI apabila meninggal dunia di luar negeri
  8. Surat keterangan atau dokumen lainnya yang dianggap perlu oleh Penanggungan

Masing-masing perusahaan asuransi jiwa berbeda-beda dalam menerapkan cara klaim, namun secara umum dokumen-dokumen tersebut sangat diperlukan saat akan melakukan klaim asuransi jiwa.  Ketika Anda akan mengajukan permohonan klaim asuransi jiwa, pastikan data-data yang Anda cantumkan harus jelas. Untuk mengetahui lebih jelas tentang tata cara mengajukan klaim asuransi jiwa Anda bisa belajar melalui https://www.cekaja.com/asuransi-jiwa. Karena disana Anda dengan mudah akan mendapatkan informasi seputra klaim asuransi jiwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *