Sulit Mencari Pekerjaan? Ketahui 3 Aspek Penting Berikut Ini

Untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup dengan baik, setiap orang tentunya membutuhkan pekerjaan. Pekerjaan merupakan aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh setiap orang dan nantinya akan menghasilkan uang untuk dijadikan sebagai imbalan atas tenaga yang telah diberikan. Rata-rata setiap orang yang telah lulus dari jenjang pendidikan yang dijalani akan langsung mencoba untuk mencari pekerjaan.

Perkembangan zaman pun membuat proses melamar pekerjaan menjadi lebih rumit dibandingkan dengan sebelumnya. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Karena setiap harinya perusahaan akan menjadi lebih ketat dalam melakukan seleksi penerimaan karyawan baru. Tentunya sudah dapat dikatakan bahwa setiap perusahaan hanya akan memilih kandidat yang terbaik di antara yang baik.

Biasanya, proses seleksi penerimaan karyawan baru berlangsung cukup lama dengan tahapan yang tidak sedikit. Hal lain yang menyebabkan seseorang gagal dalam mendapatkan pekerjaan adalah jumlah saingan kerja yang terhitung tidak sedikit. Hal ini bisa dipahami melalui tingginya tingkat pengangguran di Indonesia yang tentunya menyebabkan jumlah saingan kerja menjadi lebih baik. Untuk itu, Presiden Joko Widodo memiliki rencana untuk meluncurkan program Kartu Pra Kerja.

Oleh karena itu, banyak hal yang harus kamu persiapkan untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan keterampilan yang kamu miliki. Apalagi bagi kamu yang baru lulus atau fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja. Kamu harus terus mengasah kemampuan untuk dapat memiliki nilai jual yang tinggi.

Karena tidak sedikit perusahaan yang lebih mengutamakan calon karyawan yang sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya dibandingkan dengan fresh graduate. Karena karyawan yang telah memiliki pengalaman kerja dipandang telah memiliki banyak pengalaman dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Akan tetapi, bukan berarti fresh graduate tidak memiliki kesempatan dalam mendapatkan pekerjaan.

Bagi kamu para fresh graduate yang ingin mencoba untuk melamar pekerjaan, terdapat 3 aspek penting yang harus dipersiapkan untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidangmu. Yuk, simak informasi berikut ini:

Mengembangkan Potensi Diri

Sebagai fresh graduate yang tentunya belum memiliki pengalaman kerja, kamu pun dapat mengembangkan potensi diri kamu dengan berbagai cara. Salah satunya kamu dapat memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mengembangkan potensi diri. Contohnya bagi kamu yang merupakan lulusan desain, kamu bisa terus mengasah kemampuan kamu untuk mengeksplor berbagai teknik desain terbaru dan langsung mempraktikannya.

Melakukan Introspeksi Diri

Tentunya tidak akan ada manusia yang sempurna, sekalipun seseorang yang sangat pintar. Pastinya masih memiliki kekurangan. Oleh karena itu, bagi kamu yang telah banyak mencoba melamar pekerjaan namun masih tetap mengalami kegagalan, hal utama yang harus kamu lakukan adalah melakukan Introspeksi diri.

Caranya, kamu harus mencari tahu kekurangan apa saja yang ada di diri kamu yang dapat menunjang karir kamu. Setelah mengetahui kekurangan yang ada di diri kamu, lantas kamu harus mengubahnya kekurangan kamu untuk dijadikan sebagai kelebihan yang kamu miliki.

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Pada dasarnya ini merupakan modal utama bagi setiap orang yang ingin mencoba untuk melamar pekerjaan. Sebagai fresh graduate yang bisa dikatakan sebagai seseorang yang minim pengalaman, kamu harus tetap percaya pada diri kamu sendiri bahwa kamu pantas dan layak untuk diterima di perusahaan yang kamu inginkan.

Nah, setelah mengetahui 3 aspek penting di atas, tentunya kamu sudah tidak perlu ragu lagi untuk mencoba melamar pekerjaan. Selanjutnya, bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait dengan program Kartu Pra Kerja, kamu bisa membacanya melalui artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/mengenal-kartu-pra-kerja-janji-baru-joko-widodo/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *